Kota tujuan wisata yang dekat dari ibukota bukan hanya Bandung atau Bogor. Kini, kota Cirebon bisa Anda masukkan ke dalam list tujuan berwisata. Letak kotanya tidak terlalu jauh dari Jakarta, terutama setelah dibangunnya tol Cipali. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 4 jam perjalanan untuk sampai di Cirebon dari Jakarta.

Baca Juga: Napak Tilas Peninggalan Zaman Kerajaan Singosari

Agar wisata Anda maksimal, bisa mencicipi banyak makanan khas atau mengunjungi berbagai tempat, maka sebaiknya Anda menginap setidaknya satu malam di kota ini. Jadi jadwal wisata Anda pun menjadi tidak terburu-buru dan semakin seru tentunya.

Fasilitas untuk kebutuhan wisatawan sudah tersedia cukup baik, ada banyak hotel dengan harga bersaing di pusat kota Cirebon atau pun kawasan wisata ke arah kota Kuningan. Jika Anda memiliki aplikasi tempat wisata menarik untuk pesan hotel di kota Cirebon atau hendak melakukan survei harga terlebih dahulu, bisa lebih mudah. Pokoknya, semua kebutuhan informasi untuk kepentingan traveling Anda akan dipenuhi secara cepat dan akurat.

Cirebon merupakan daerah dataran rendah dan dekat dengan laut, sehingga cuacanya cukup menyengat. Namun ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mengisi liburan Anda yang menyenangkan.

Berikut beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi selama berlibur di kota Cirebon:

Keraton Kasepuhan dan Keraton Kanoman.

Tidak lengkap rasanya jika datang ke kota Cirebon tanpa melihat langsung sisa-sisa sejarah yang membuat kota ini tumbuh. Tempat yang paling pertama direkomendasikan adalah Keraton kasepuhan sebagai keraton kesultanan yang pertama dibangun. Didirikan oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II tahun 1529.

Jika Anda tiba di kota Cirebon, Anda akan melihat setiap bangunan baik milik pemerintah atau pun swasta yang diperuntukkan kepentingan umum. Ciri khas bangunannya adalah gapura yang terbuat dari susunan batu bata merah dengan ukuran dan bentuk yang sama. Ciri khas itu ternyata berawal dari Keraton Kasepuhan yang dikelilingi oleh pagar tembok dan gapura yang terbuat dari susunan bata warna merah.

Di dalam keraton terdapat museum yang berisi benda-benda yang dahulu digunakan oleh keluarga Kesultanan Cirebon. Mulai dari baju, alat musik, senjata peperangan, hingga sebuah kereta singa yang akan dimandikan secara sakral setiap tanggal 1 Syawal ada di dalam keraton ini.

Berikutnya adalah Keraton Kanoman yang didirikan oleh Sultan Badaruddin tahun 1588. Hingga saat ini Keraton Kanoman ditinggali oleh keturunan kesultanan ke 12 Raja Muhammmad Emiruddin dan keluarganya. Adapun Jarak antara Keraton Kasepuhan dan Keraton Kanoman hanya sekitar 600 meter.

Baca Juga: Tempat Wisata Serpong

Info lainnya, diantara kedua keraton tersebut terdapat pasar tradisional. Di sana Anda bisa mendapatkan beragam suvenir dan benda tradisional khas kota Cirebon.

Gua Sunyaragi

Gua Sunyaragi atau ada yang menyebutnya Taman Sari Sunyaragi dahulunya adalah tempat peristirahatan atau meditasi Sultan Cirebon dan keluarganya.

Tempat yang luasnya sekitar 15 hektar ini berada di Jalan By Pass Brigjen Dharsono.

Tempat yang menjadi cagar budaya ini terasa sangat sakral. Arsitekturnya merupakan perpaduan antara banyak budaya. Desain paling mencolok adalah peraduan antara budaya Indonesia klasik dan Hindu. Namun ormanen Islam, Jawa dan China juga terlihat di beberapa bagian. Seperti bangunan berbentuk joglo yang al bernuansa Jawa kental.

Sunyaragi memiliki beberapa ruang yang memiliki fungsi berbeda. Pertama dikenal dengan pesanggrahan yang memuat serambi, ruang tidur, kamar rias dan kamar ibadah, semuanya dikelilingi taman dan kolam.

Berikutnya gua yang membentuk gunung-gunung, di dalamnya ada gua-gua yang juga memiliki fungsi berbeda-beda. Diantaranya Gua Peteng yang digunakan untuk bersemedi oleh sultan, Gua Pande Kemasan untuk tempat membuat senjata. Dan masih banyak ruang gua yang memiliki beragam fungsi berbeda.

Banyu Panas Palimanan

Banyu Panas Palimanan letaknya di pegunungan kapur Gunung Kromong dalam wilayah pabrik semen PT. Indocenent Desa Palimanan, Kecamatan Gempol, Cirebon. Sekitar 16 km dari kota Cirebon.

Fasilitas tempat wisata seluas 4 hektar ini diantaranya kolam renang, kolam rendam, joging track dan gazebo. Para wisatawan yang berkunjung ke Banyu panas ini meyakini kadar belerang yang tinggi bisa menyembuhkan beberapa penyakit kulit dan bekas luka cedera.

Baca Juga: Wisata Kuliner Ala Backpaker Di Sekitar Hotel Ciputra Jakarta

Di kota Cirebon Anda bisa melewati masa liburan yang berbeda dari biasanya dan penuh kesan dengan mengunjungi tempat-tempat yang bernilai sejarah dan tradisional. Selamat berlibur!